Resep nasi goreng beras merah masakan asli Indonesia

Indonesia selain kaya akan ragam budaya serta adat istiadatnya, juga kaya akan berbagai jenis masakan dengan citarasa yang luar biasa. Sebagai contoh nasi goreng, walaupun pada dasarnya masakan ini berbahan dasar nasi putih, namun hampir tiap daerah memiliki resep tersendiri dalam membuat masakan nasi goreng. Bukan hanya itu, dengan mengkombinasi bahan-bahan tambahan lain seperti ayam, telur ayam, daging dan sebagainya, akan membuat nasi goreng menjadi masakan yang lebih spesial, terutama pada cita rasanya.

Resep nasi goreng beras merah masakan asli Indonesia


Namun mungkin anda belum banyak yang tahu bahwa untuk membuat nasi goreng tidak hanya menggunakan nasi putih saja, tetapi dapat juga menggunakan nasi beras merah. Selain lebih menyehatkan, rasa nasi goreng beras merah juga tidak kalah enaknya dengan nasi goreng dari nasi putih biasa. Bahkan kalau menurut saya, cita rasa nasi goreng nasi beras merah lebih terasa spesial.

Setelah sebelumnya saya menulis inilah resep nasi goreng bali spesial, untuk kesempatan kali ini saya bagikan resep nasi goreng beras merah yang mungkin jarang anda jumpai karena tidak semua tempat yang menjual nasi goreng menyediakan nasi goreng beras merah ini. Oleh karena itu apabila anda ingin mencicipi kelezatan rasa nasi goreng ini, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep ini. Untuk membuat nasi goreng beras merah, silahkan anda ikuti resep cara membuatnya berikut ini:

Bahan:
50 gr teri nasi
2 potong tahu putih potong dadu
1 sdt ebi seduh air panas sampai mengembang
400 gr nasi merah
2 sdm kecap asin.
Minyak untuk menggoreng dan menumis

Haluskan:

3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt bubuk merica hitam

Pelengkap:

1 sdm bawang putih goreng
3 butir telur dadar

Cara membuat nasi goreng beras merah:


  1. Goreng teri nasi dan tahu secara terpisah hingga matang atau setengah matang, sisihkan.
  2. Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Masukkan nasi merah dan kecap asin. Aduk sampai bumbu tercampur merata.
  3. Tambahkan teri nasi dan tahu goreng. Aduk sampai tercampur rata dengan nasi. Masak hingga nasi gorengh matang, kemudian angkat.
  4. Sajikan nasi goreng dengan taburan bawang putih goreng serta irisan telur dadar. 
  5. Untuk 3 porsi.


Demikian tadi resep mudah untuk membuat nasi goreng yang berbahan nasi beras merah yang bisa anda ikuti. Jadi bagi anda yang memang mengkonsumsi nasi beras merah sehari-hari, resep ini bisa menjadi pilihan untuk membuat nasi goreng.

Bagi anda yang suka dengan nasi goreng dengan kombinasi daging ayam, anda bisa membuat nasi goreng dengan campuran ayam dengan resep yang telah saya berikan sebelumnya yaitu resep membuat masakan nasi goreng ayam yang lezat dan ini dia resep nasi goreng ati ampela ayam yang lezat. Semoga resep-resep nasi goreng yang telah saya tulis bisa menambah wawasan anda dalam memasak nasi goreng dengan berbagai resep. Nantikan juga resep nasi goreng lain yang akan saya berikan selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates: