Membuat minuman kesehatan kunyit asem

Membuat minuman kesehatan kunyit asem 

Kita tahu bahwa di Indonesia banyak sekali bahan-bahan alami seperti kunyit dan asem jawa serta rempah lainnya yang bisa di buat minuman untuk kesehatan. Sebagian orang menyebut minuman kesehatan yang terbuat dari bahan alami dengan sebutan jamu.

Kunyit dan asem jawa biasanya di pakai untuk bumbu masakan. Namun selain di gunakan sebagai bumbu, kunyit dan asam jawa juga di gunakan sebagai bahan minuman kesehatan sejak dari jaman dahulu secara turun-temurun. Nama dari minuman tersebut di yaitu kunyit asam, seperti yang akan saya berikan resep cara membuatnya pada artikel ini.

Minuman kunyit asem adalah minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Beberapa khasiat yang ada dalam minuman ini di antaranya, mengontrol berat badan, menetralkan racun dalam tubuh, dan juga mencegah infeksi. Khasiat lain bagi wanita di antaranya, sebagai detoks atau penghilang racun tubuh, menjaga berat badan juga mencegah infeksi. Sedangkan khusus buat wanita, minuman kunyit asem berkhasiat untuk memperlancar siklus haid, menghaluskan kulit, mengurangi lemak, dan juga menjaga tubuh agar terlihat awet muda.

Minuman kunyit asem bisa di minum dalam keadaan hangat maupun dalam keadaan dingin, tergantung selera kita. Biasanya akan lebih nikmat di minum dingin pada siang hari di saat cuaca sedang panas. Dan pada malam hari apabila cuaca dingin, kunyit asam akan lebih cocok di minum hangat-hangat.

Untuk bisa membuat minuman kunyit asam sangatlah mudah. Kalau anda belum pernah membuatnya, kali ini resep masakan favorit akan berbagi resep cara membuat minuman kunyit asem buat anda. Anda bisa langsung mempraktekan sendiri di rumah dengan resep yang akan saya berikan. Dengan begitu anda tidak perlu lagi membeli minuman kunyit asem di luar yang belum terjamin keaslian bahan-bahan yang di gunakan.

Membuat minuman kesehatan kunyit asem

Untuk membuat minuman kunyit asem sangatlah mudah, sebelum membuatnya, anda siapkan dahulu bahan-bahan membuat kunyit asem yaitu :
  • 1/2 kg kunyit
  • 1/2 kg asam jawa yang tua, atau matang pohon
  • 1/4 gula aren atau gula jawa, tergantung selera
  • Air 2 liter air untuk merebus bahan
  • Garam 1/4 sendok teh

Setelah bahan-bahan di atas sudah di siapkan, kini tinggal cara membuat minuman kunyit asem. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Pertama cucilah kunyit sampai bersih.
  2. Buang kulit asem jawa, ambil dagingnya.
  3. Setelah itu kunyit di parut atau di blender kemudian peras, ambil airnya.
  4. Rebus air dalam panci dengan api kecil.
  5. Masukan juga perasan kunyit, asem jawa, dan gula aren/gula jawa, dan juga garam.
  6. Rebus semua bahan tersebut sambil di aduk-aduk hingga mendidih.
  7. Setelah mendidih, air rebusan kunyit asam di angkat, kemudian dinginkan.
  8. Sajikan dalam keadaan hangat-hangat, atau bisa minum dingin dengan menambah batu es.
  9. Anda juga bisa menambahkan madu, biar rasanya lebih nikmat.

Itulah tadi resep minuman kesehatan, cara membuat minuman kesehatan kunyit asem yang sangat mudah. Rasa asam dan juga manis pada minuman ini akan terasa menyegarkan, serta bahan-bahanya yang berkhasiat membuat minuman kunyit asem juga bisa menjaga kesehatan kita.

Subscribe to receive free email updates: