Resep memasak udang belacan khas Riau

Resep memasak udang belacan khas Riau

Resep memasak udang belacan khas Riau-Halo apa kabar bunda dan sista,,?, pasti anda sedang mencari resep untuk memasak udang yang enak bukan?. Sepertinya anda tepat sekali mengunjungi blog Resep Masakan Favorit ini, karena saya akan berbagi cara memasak udang yang enak. Mungkin selama ini bunda bosan dengan masakan udang yang di masak dengan cara dan resep yang biasa-biasa saja. Atau buat sista yang ingin belajar memasak buat suaminya nanti apabila sudah berkeluarga agar bisa memasak yang enak buat suami dan anak-anak di rumah kelak. Kalian jangan kuatir, saya akan memberikan resep memasak udang belacan khas Riau buat anda semuanya.

Resep memasak udang belacan khas Riau

Untuk membuat masakan udang belacan tidaklah sulit, bunda dan sista tidak perlu repot-repot menyiapkan ini itu untuk memasak resep udang ini. Cukup menyiapkan bahan serta bumbu di dapur anda, dan juga waktu yang singkat untuk memasak atau mengolah udang ini, anda beserta keluarga bisa menikmati masakan udang belacan yang menggugah selera. Jadi kalau menurut saya, untuk memasak udang belacan sangatlah simpel, tapi menghasilkan masakan yang lezat.

Baiklah bunda dan sista, kita lamgsung saja menuju TKP cara memasak udang belacan, dari pada saya kebanyakan bicara malah nanti di kira saya bawel bin comel, hihi..Sebelum bunda dan sista mulai memasak udang belacan, persiapkan dahulu bahan-bahannya. Untuk lebih lengkapnya ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Bahan-bahan memasak udang belacan
  • 750 gram udang pancet, boleh di buang kepala atau tidak menurut selera bunda dan sista
  • 250 ml air
  • 5 sendok makan kecap manis, tapi kalau bunda dan sista suka dengan rasa manis boleh di tambahkan menurut selera
  • 3 batang daun bawang, di iris tipis serong
  • 2 buah tomat merah, potong-potong menurut selera bunda dan sista
  • 1 sendok makan gula merah, di sisir halus
  • 1 buah jerik nipis, peras ambil airnya
  • Garam secukupnya menurut selera bunda dan sista
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng dan menumis
Bumbu yang di haluskan untuk memasak udang belacan
  • 7 buah cabai merah, atau buat bunda yang suka dengan pedas bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera
  • 4 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh tersai, bakar terlebih dahulu ya bunda
Cara membuat udang belacan
  1. Lumuri udang menggunakan perasan air jeruk nipis, sisihkan selam kurang lebih 15 menit agar udang tidak amis
  2. Setelah itu, panaskan minyak lalu goreng udang sampai berubah warna lalu di angkat
  3. Panaskan 5 sendok makan minyak goreng, tumis bumbu yang di haluskan sampai harum
  4. Setelah bumbu tumis harum, masukan udang, irisan tomat, kecap manis, daun bawang, garam dan gula merah, aduk-aduk masakan udang kemudian masukan air yang sudah di siapkan. Masak hingga matang lalu angkat dan hidangkan

Itulah tadi resep memasak udang belacan khas Riau buat bunda dan juga sista, yang bisa di praktekan di dapur anda. Masakan udang belacan akan sangat cocok di santap dengan nasi putih hangat pada saat makan siang maupun makan malam bersama keluarga anda.

Hampir lupa bunda dan sista, resep masakan udang belacang di atas untuk 8 porsi ya..jadi cukup untuk seluruh anggota keluarga anda. namun kalau anggota keluarga anda tidak sampai 8 orang, sisanya boleh di bagi ke saya ya bund, sista??..hihi. Selamat mencoba..

Subscribe to receive free email updates: