Resep cara membuat soto ayam santan klasik lezat

Soto merupakan makanan asli Indonesia yang banyak di gemari karena kelezatan rasanya. Masakan berkuah yang berisi beragam bahan di dalamnya ini sangat terkenal di sekitar kita, biarpun ada beberapa daerah memiliki nama tersendiri untuk masakan yang satu ini. Dari dulu hingga sekarang, soto sudah menjadi makanan favorit di kalangan masyarakat kita. Baik itu soto ayam, maupun soto daging. Untuk soto sendiri mempunyai dua jenis kuah, yaitu soto kuah bening tanpa menggunakan santan dan soto santan yang memang memakai santan dalam membuatnya. Pada masing-masing jenis masakan tersebut, keduanya memiliki citarasa yang sama enaknya.

Resep cara membuat soto ayam santan klasik lezat

Nah, bagi bunda yang gemar dan suka dengan masakan soto, pasti tahu kelezatan rasa soto. Namun, apakah anda pernah merasakan kelezatan soto klasik?. Nah kalau selama ini anda hanya menikmati soto yang biasa saja, cobak bunda rasakan citarasa pada soto ayam klasik. Dinamakan soto klasik karena bumbu serta bahan untuk membuat soto ini merupakan resep nenek moyang kita. Dan ini merupakan soto asli Indonesia yang sudah ada sejak jaman dahulu. Oleh karena itu, tidak semua tempat penjual soto menyediakan soto jenis ini. Hanya tempat-tempat tertentu saja yang menyediakan soto ayam santan klasik ini. Namun bunda jangan kuatir, untuk bisa menyantap soto klasik bunda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang akan saya berikan ini.

Pasti bunda sudah membayangkan kelezatan soto ayam santan klasik ini bukan?. Kalau begitu segera bunda simak resep cara membuat soto ayam santan klasik berikut ini, untuk segera membuatnya sendiri di dapur masak anda.

Bahan-bahan untuk membuat soto ayam santan klasik

1 ekor ayam kampung -+ 900 gram, potong menjadi 8 bagian
2 liter santan dari 2 buah kelapa
3 lembar daun salam
2 cm lengkuas. Memarkan
2 batang serai. Memarkan dan simpulkan
2 cm jahe. Memarkan
½ sdm garam atau sesuai selera
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu soto ayam santan yang dihaluskan

8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
6 butir kemiri sangrai
3 cm kunyit
1 sdt merica bubuk

Isi soto ayam santan

Su'un (seduh dengan air mendidih hingga warnanya bening. Angkat dan tiriskan)
Tauge seduh
Berkedel kentang
Telur rebus
Irisan kol

Bahan pelengkap soto ayam santan

Bawang merah goreng
Jeruk nipis
Sambal cabai rawit rebus
Kecap manis
Irisan daun bawang

Cara membuat soto ayam santan klasik

  1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun salam, serai, lengkuas dan jahe hingga layu dan harum. Lalu masukan ayam. Masak hingga ayam berubah warna.
  2. Tuang santan, masak hingga santan mendidih dengan api kecil sambil sesekali di aduk agar santan tidak pecah.
  3. Angkat ayam dari kuah dan sisihkan. Goreng ayam hingga warna kecoklatan dan matang lalu suwir-suwir.
  4. Sajikan soto ayam santan dalam mangkuk saji, taruh isi soto. Taburi dengan bawang goreng dan pelengkap lain. Siram dengan kuah soto mendidih. Soto siap di santap.


Nah bunda, itulah tadi cara membuat soto ayam santan klasik yang nikmat untuk anda pelajari resepnya. Ternyata begitu mudah bukan, untuk membuat soto klasik ini?.

Apabila bunda ingin mempelajari resep ayam lainnya, saya juga telah menulis beberapa resep untuk mengolah ayam seperti olahan ayam kecap cabai rawit, resep ayam goreng lengkuas spesial dan masih banyak lagi yang bisa anda baca di blog ini.

Subscribe to receive free email updates: