Resep bolu kukus sederhana yang mudah

Resep bolu kukus sederhana yang mudah

Berbagai jenis kue bolu kukus bisa kita buat sebagai makanan yang pas untuk sajian bagi keluarga maupun untuk menjamu para tamu. Bagi anda yang ingin membuat kue bolu kukus, berikut akan kami berikan beberapa resep untuk membuat kue yang banyak digemari ini.

Resep bolu kukus sederhana yang mudah


BOLU MEKAR NON AIR SODA

Bahan:

Telur ayam 1 butir, gula pasir 150gr, cake emulsifier/sp ½ sdt, baking powder doble acting ½ sdt, tepung terigu 150 gr, susu cair 150 ml, pasta cokelat 1 sdt.

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kecuali pasta cokelat, kocok hingga putih dan kaku.
  2. Ambil 1/3 adonan, tambahkan pasta cokelat. Aduk rata.
  3. Masukkan adonan dasar pada cetakan bolu kukus berlubang dengan alas cup kertas hingga ¾ tinggi cetakan. Tambahkan adonan cokelat di atasnya.
  4. Kukus dengan api besar hingga kue matang selama +_20 menit. Angkat dan sajikan. Untuk 10 buah.


BOLU KUKUS SANTAN DALMATION

Bahan :

Telur ayam 3 butir, tepung terigu 250 gr, gula pasir 250 gr, cake emulsifier/sp  ½ sdt, santan kental 10 ml, air soda manis 100 ml, vanili bubuk ¼ sdt, meses cokelat 75 gr.

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kecuali meses cokelat, kocok hingga putih dan kaku.
  2. Masukkan meses, aduk hingga rata.
  3. Tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus berlubang beralas cup kertas atau kertas roti.
  4. Kukus dengan api besar hingga kue matang selama +_20 menit. Angkat dan sajikan. Untuk 20 buah.


BOLU KUKUS MAWAR PELANGI

Bahan :

Telur ayam 3 butir, tepung terigu 375 gr, gula pasir 375 gr, air soda manis bening 250 ml, ovalet/sp ½ sdt, vanili 1 sdt, susu bubuk 1 sdm, pewarna makanan merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu.

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kecuali pewarna makanan, kocok hingga putih dan kaku.
  2. Bagi adonan menjadi 6 bagian, tambahkan pewarna pada tiap adonan. Aduk rata.
  3. Masukkan masing-masing adonan ke dalam plastic segitiga.
  4. Semprotkan adonan berlapis secara berseling ke dalam cetakan bolu kukus berlubang yang dialasi dengan cup kertas.
  5. Panaskan panci pengukus, kukus dengan api besar hingga kue matang selama +_20 menit. Angkat dan sajikan. Untuk 12 buah.


BOLU KUKUS JELI PELANGI

Bahan :

Telur ayam 3 butir, tepung terigu 375 gr, gula pasir 375 gr, air soda manis merah 250 ml, cake emulsifier/sp 1 sdt, vanili 1 sdt, susu bubuk 1 sdm, jeli stroberi 100 gr.

Cara membuat:


  1. Campur semua bahan kecuali jeli stroberi, kocok hingga putih dan kaku.
  2. Tuang adonan dalam cetakan bolu kukus berlubang dengan cup kertas. Kukus dengan api besar hingga kue matang selama +_20 menit.
  3. Angkat dan keluarkan dari cetakan . Semprotkan jeli di tengah guratan bolu kukus yang merekah. Sajikan. Untuk 25 buah. 


COKELAT BOLU KUKUS IN JAR

Bahan :

Telur ayam 2 butir, tepung terigu 75 gr, gula pasir 75 gr, cake emilsifer/sp ½ sdt, margarine 25 gr, cairkan, cokelat masak pekat 25 gr, lelehkan, susu cair 25 ml, selai cokelat 100 gr.

Cara membuat:


  1. Kocok telur, gula pasir dan sp hingga putih dan mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu, aduk melipat hingga rata. Tuang margarine cair, susu cair dan cokelat leleh, aduk rata secara melipat.
  3. Tuang 1 sendok sayur adonan ke stoples/gelas mungil.
  4. Kukus adonan selama 5 menit, angkat.
  5. Tambahkan 2 sdm selai cokelat.
  6. Tuang 1 sendok sayur adonan. Ulangi kegiatan melapisi sekali lagi, kukus selama 10 menit. Angkat, dinginkan dan sajikan. Untuk 3 buah.


Itulah beberapa resep untuk membuat kue bolu kukus yang bisa anda ikuti dan praktekan di dapur rumah anda. Semoga resep-resep tadi bisa bermanfaat bagi anda khususnya yang ingin membuat kue tersebut. Namun untuk membuat kue bolu, tidak hanya sekedar tahu resepnya saja. Agar bolu kukus buatan bunda bisa menjadi kue yang sempurna, bunda juga harus tahu tips dan trik membuat kue bolu kukus dan tehnik membuat kue bolu kukus agar agar merekah. Dengan mengetahui cara dan tehnik tersebut, maka bunda bisa membuat kue yang enak, lembut, empuk, dan merekah dengan sempurna tanpa takut gagal. Selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates: