Resep kue bikang mawar yang mudah

Resep kue bikang mawar yang mudah

Resep kue bikang mawar yang mudah | Cara untuk membuat kue bikang mawar sebenarnya sama dengan resep kue bikang biasa, hanya saja yang membedakan adalah bentuknya. Apabila pada kue bilang biasa setelah matang dicukit hingga merekah, sedangkan pada kue bikang mawar setelah matang tidak dicukit, akan tetapi dikeluarkan seperti kue lumpur, dan setelah uap panasnya hilang barulah digunting melingkar pada bagian tengahnya dan sekelilih sebanyak 6 guntingan namun jangan sampai putus untuk dibentuk kelopak.
Apabila anda ingin membuat kue bikang mawar, berikut akan admin berikan resepnya yang bisa anda coba nanti dirumah. Resep kue bikang mawar ini untuk 24 buah kue, adapun resep serta cara membuatnya yaitu :

Resep kue bikang mawar yang mudah

Bahan kue bikang


  • 500 gram tepung beras
  • 125 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung tapioka atau kanji
  • 400 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam, kocok
  • 1300 ml santan dari 2 buah kelapa
  • 3 lembar daun pandan
  • Pewarna makanan merah dan hijau secukupnya
  • Garam secukupnya


Cara membuat kue bikang


  1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, dan tapioka, serta gula pasir. Aduk semua bahan hingga tercampur merata.
  2. Rebus santan bersama daun pandan dan tambahkan garam. Masak rebusan santan hingga mendidih, lalu angkat.
  3. Ambil santan sebanyak 1200 ml, tuangkan kedalam campuran tepung beras sedikit demi sedikit sambil diuleni atau diaduk rata. Tambahkan telur ayam yang sudab dikocok, aduk hingga adonan rata. Setelah tercampur rata, tutup adonan menggunakan plastik wrap atau kain, dan diamkan selama 2 jam.
  4. Selanjutnya, setelah adonan didiamkan selama 2 jam, bagi adonan menjadi 3 bagian. 1 bagian tambahkan pewarna merah, 1 bagian tambahkan pewarna hijau, dan sisanya biarkan tetap putih.
  5. Panaskan cetakan kue bikang, lalu isi cetakan dengan ⅓ adonan warna hijau, masak dengan api kecil hingga hampir matang.
  6. Selanjutnya tuang adonan yang tidak diberi warna diatas adonan hijau tadi, ⅔ tinggi cetakan. Masak hingga setengah matang.
  7. Terakhir, tuangkan adonan berwarna merah diatas adonan putih hingga cetakan penuh. Masak hingga kue matang sempurna.
  8. Angkat kue bikang yang sudah matang, dan jangan dicungkit. Olesi bagian bawah kue bikang dengan sisa santan, kemudian letakan diatas sudi, dan dinginkan.

Membentuk mawar pada kue bikang

  1. Setelah kue bikang dingin, gunting bagian tengahnya membentuk lingkaran, gunting juga bagian pinggir untuk membuag kelopak sebanyak 6 guntingan.
  2. Selesai digunting, tarik bagian kelopaknya keluar. Kue siap untuk dihidangkan.

Demikianlah resep serta cara membuat kue bikang mawar yang bisa anda pelajari dan praktekan dirumah anda. Semoga resep kue bikang mawar yang mudah ini bisa menambah pengetahuan anda dalam membuat kue. Selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates: