Tips agar kue bolu kukus merekah sempurna

Tips agar kue bolu kukus merekah sempurna

Kue bolu kukus merekah atau yang lebih di kenal dengan sebutan kue bolu kukus atau roti kukus merupakan kue yang sudah turun temurun sejak jaman dulu. Rasanya yang manis dengan teksur yang lembut dan juga tampilanya yang merekah menjadikan daya tarik tersendiri bagi penikmat kue tersebut. Untuk membuat kue bolu kukus ini memang gampang-gampang susah, walaupun bahan yang di gunakan untuk membuat kue bolu ini tergolong sangat sederhana. Tetapi tidak jarang orang yang gagal dalam membuat kue yang satu ini. Terutama kegagalan kue tidak mengembang dengan sempurna sehingga kue menjadi bantat, yang banyak di alami oleh para ibu-ibu terutama yang baru belajar membuat kue bolu.

Agar kue bolu kukus buatan anda bisa mengembang dengan sempurna, ada baiknya bunda dan sista ikuti tips agar kue bolu kukus buatan bunda bisa mengembang dan merekah sempurna, ada baiknya bunda ikuti caranya berikan berikut ini.

tips bolu kukus agar merekah


Bahan dan ukuran kue bolu kukus



Kunci untuk membuat kue bolu kukus agar merekah, yaitu dengan pengukuran bahan yang tepat, serta bahan yang berkualitas. Bahan berkualitas maksudnya adalah, dengan mengikuti aturan resep pembuatan bolu kukus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja, dalam resep di perlukan terigu protein sedang, terigu protein rendah, maupun terigu protein tinggi. Maka bunda juga harus mengikuti petunjuk penggunaan terigu tersebut, jangan yang seharusnya dalam resep menggunakan terigu protein rendah, kemudian bunda menggunakan terigu protein tinggi. 
Agar bolu kukus menjadi merekah atau mengembang, gunakanlah bahan cair seperti air kelapa, santan, susu dan juga air soda manis. 
Untuk bahan soda manis, tidak harus menggunakan yang tanpa rasa. Bunda boleh menggunakan soda manis rasa untuk bahan kue bolu, seperti rasa strawberry, jeruk, cola, dsb. Karena soda yang ada rasanya justru menghasilkan bolu kukus merekah dengan rasa yang unik. 
Untuk adonan yang menggunakan air soda manis sebaiknya tidak ditambah dengan bahan pengembang, misalnya baking powder maupun soda kue agar kue bolu kukus bisa merekah sempurna.

Adonan kue bolu kukus



Ada beberapa cara untuk membuat adonan bolu kukus, misalnya ada yang semua bahan di campur terlebih dahulu kemudian baru di kocok, ada juga yang telurnya di kocok terlebih dahulu, baru bahan lain dicampurkan. Semua cara tersebut sebenarnya bisa di lakukan, karena yang perlu di ingat adalah komposisi yang pas pada adonan. Dan yang paling penting, dalam membuat adonan untuk bolu kukus ini haruslah adonan benar-benar kental agar bolu kukus nantinya merekah sempurna. 
Ciri adonan yang kental bisa di lihat berwarna putih, tekstur pada adonan membentuk batik bekas baling-baling mixer akan terlihat jelas, dan apabila di angkat dengan sendok makan adonan tersebut tidak jatuh. Saya sarankan agar bagi bunda yang baru mau mencoba membuat kue bolu kukus ini, agar membuatnya benar-benar sesuai resep yang telah di pelajari. Seperti contoh Resep bolu kukus kamboja atau Resep kue bolu kukus zebra empuk. Di situ sudah di jelaskan resep dan takaran bahannya, jadi ikutilah resep tersebut sesuai takaran bahan yang ada.

Cetakan atau cup kue bolu kukus



Jenis cetakan untuk membuat bolu kukus, memang tidak menjadi faktor utama agar kue bolu bisa merekah. Akan tetapi cetakan yang baik akan mendukung bolu agar merekah. 
Untuk memilih cetakan atau cup bolu, pilihlah cetakan kue yang terbuat dari logam dengan tepi yang berlubang dan juga bagian bawahnya baling-baling. Cetakan seperti ini, selain kue bisa mengembang dan merekah, juga kelopak yang dihasilkan pada kue juga akan lebih banyak. 
Khusus untuk cetakan yang terbuat dari plastik, sebaiknya bunda pada waktu memasukan ke panci pengukus pada waktu panci benar-benar sudah panas. Sedangkan untuk cup yang berasal dari kertas roti, pilihlah yang berbahan atau berlapis lilin, agar kue bolu nantinya tetap cantik dan juga tidak basah terkena uap air.

Pengukusan kue bolu kukus


Untuk memasak atau mengukus kue bolu, di butuhkan suhu yang panas dan stabil. Oleh karena itu, untuk mengukus kue bolu gunakanlah kukusan dengan lubang besar  atau yang sering di sebut langseng. Apabila menggunakan kukusan dengan lubang kecil, api yang di gunakan haruslah besar.

Agar kue bolu merekah sempurna, isilah cetakan dengan adonan hingga terisi penuh dan kukuslah kue secukupnya dalam pengukus. Pastikan dalam kukusan terdapat celah untuk uap naik ke atas, agar kue bisa masak sempurna. Apabila api pada kompor kurang besar dan isi tidak penuh, maka adonan hanya akan merekah biasa serta teksturnya lebih padat tidak mengembang seperti kapas. 
Selain itu, uap air yang menetes pada adonan kue, bisa menyebabkan kue menjadi basah. Untuk mencegahnya, bungkuslah tutup pengukus menggunakan kain atau lap yang bersih. Setelah adonan kue matang, segera angkat dan lepaskan kue dari cetakan untuk menghindari kue menjadi basah. Jangan lupa simpan atau kemas segera kue bolu kukus merekah, kedalam wadah atau plastik agar tidak kedap udara, sehingga kue bolu tidak cepat kering.

Itulah beberapa tips agar bolu kukus buatan bunda bisa merekah dengan sempurna, dan juga pastinya teksurnya pun juga akan lembut. Dengan mengikuti tips di atas, kue bolu buatan bunda yang sebelumnya tidak pernah merekah, pasti kue buatan bunda kali ini akan menjadi merekah dan lembut seperti yang bunda inginkan.

Buat bunda yang ingin mencoba membuat kue lain selain kue bolu, saya juga sudah memberikan resep kue lain seperti, Resep kue pia rasa keju, kemudian ada juga Cara membuat kue bika ambon Medan, serta Resep membuat kue pukis legit yang bisa bunda praktekan di rumah. Resep-resep tersebut saya harapkan bisa menjadi pilihan bunda untuk membuat lebih banyak varian kue. Selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates: