Resep masak ayam balado Padang

Resep masak ayam balado Padang

Resep masak ayam balado Padang - Masakan ayam goreng bumbu sambal balado merupakan olahan ayam khas dari daerah Minang yang sudah tersohor di penjuru nusantara. Biasanya olahan ayam sambal balado ini dapat dengan mudah kita temui di rumah-rumah makan padang. Rasanya yang enak di tambah lagi dengan bumbu pedasnya membuat masakan ayam balado menjadi lauk favorit yang banyak di pesan oleh pengunjung rumah makan maupun restoran masakan padang. Kombinasi antara ayam goreng serta bumbu cabai yang terdapat pada ayam goreng yang satu ini, sangat pas sekali sebagai lauk nasi putih yang bisa menambah selera makan kita.

Cara membuat ayam balado padang

Kita tahu bahwa banyak sekali resep cara mengolah ayam agar menjadi masakan yang menggugah selera. Karena daging ayam bisa di masak apa saja seperti goreng, di gulai, di bakar, di semur dan sebagainya. Yang terpenting kita harus tahu resep dan cara pengolahannya.

Setelah sebelumnya saya memberikan Resep rendang daging sapi empuk khas Padang buat bunda dan sista, kali ini akan saya berikan resep ayam balado yang juga masakan khas dari daerah tersebut. Buat bunda dan sista yang belum tahu dan ingin mencoba resep ayam balado masakan khas Padang ini bisa mengikuti cara-cara yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini.

Untuk memasak atau membuat ayam balado, resep dan cara pembuatanya sangatlah mudah, tidak seperti pada Resep masakan ayam bakar betutu khas Bali, atau Ayam bakar kalasan sambal limau yang pengolahanya lebih menurut saya ribet, walaupun rasa yang di hasilkan dari resep-resep itu sungguh nikmat. Untuk lebih lengkapnya kita simak bersama cara memasak ayam balado berikut ini.


Bahan untuk memasak ayam balado khas padang

  1. 1ekor ayam ukuran sedang, lebih nikmat lagi bila menggunakan ayam kampung. Potong menjadi 4 bagian
  2. 1 buah jeruk nipis, peras ambil airnya
  3. Minyak goreng secukupnya

Bumbu ulek kasar

  1. 6 butir bawang merah
  2. 8 buah cabai merah
  3. 5 buah cabai rawit
  4. Garam secukupnya

Cara membuat ayam balado

Lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis, kemudian diamkan untuk beberapa saat. 
Rebus air secukupnya dalam penggorengan, lalu masukan ayam ke dalamnya dengan di tutup atau di ungkep hingga ayam lunak. Setelah ayam lunak kemudian sisihkan. Khusus untuk ayam leghorn, baiknya ungkep jangan sampai terlalu lunak.
Panaskan minyak goreng, kemudian gorenglah ayam yang sudah di ungkep hingga warnanya berubah keemasan lalu diangkat.
panaskan 2 sendok makan minyak goreng,tumis bumbu yang di tumbuk kasar hingga harum. 
Setelah bumbu harum, masukan ayam yang telah di goreng. Masaklah ayam sambil di aduk-aduk sampai bumbu meresp ke dalam ayam, lalu di angkat dan sajikan.

Nah, sekarang bunda dan sista sudah tahu cara membuat ayam balado dengan resep yang sudah di berikan di atas. Kini saatnya bunda dan sista sudah bisa mencobanya di dapur anda masing-masing. Saya yakin semakin banyak resep olahan ayam yang bunda dan sista kuasai, akan membuat bunda/sista tidak kebingungan lagi dalam menyiapkan menu makan harian di rumah anda. Karena sebetulnya banyak sekali resep masakan yang berbahan ayam yang dapat kita jadikan menu masakan yang lezat untuk di sajikan ke seluruh keluarga anda.

Subscribe to receive free email updates: